PENDAHULUAN
Sejarah dan pendidikan
adalah dua hal penting yang menentukan maju dan mundurnya sebuah
peradaban,karena dengan sejarah kita dapat belajar dari masa lalu untuk
memperbaiki masa depan,sedangkan dengan pendidikan kita dapat mengupgrade tingkat
SDM manusia.
Oleh karena
itu,mempelajari sejarah pendidikan adalah hal yang sangat penting,karena kita
dapat menilai seberapa kemajuan pendidikan peradaban kita.
Sebelum kita belajar
banyak tentang sejarah pendidikan islam di indonesia,ada baiknya kita ketahui
dulu Pengertian sejarah, sejarah pendidikan Islam,obyek,materi dan tujuan
mempelajarinya,agar memudahkan dalam mempelajari sejarah pendidikan islam di
indonesia.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Pengertian
Sejarah
Sejarah dalam bahasa
arab disebut tarikh,yang menurut bahasa berarti ketentuan masa.sedang menurut
istilah berarti keterangan yang telah terjadi di kalangannya pada masa yang
telah lampau atau masa yang masih ada. Kata tarikh juga di pakai dalam perhitungan
tahun,seperti keterangan tahun sebelum atau sesuadah masehi di pakai sebutan
sebelum atau sesudah tarekh masehi.[1]
Dalam bahasa
inggris,sejarah disebut history,yang berarti pengalaman pengalaman masa lampau
dari umat manusia.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, sejarah berarti
silsilah, asal-usul (keturunan), kejadian dan peristiwa yang benar-benar
terjadi di masa lampau. Sedangkan ilmu sejarah adalah pengetahuan atau uraian
tentang peristiwa-peristiwa dan kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi di
masa lampau.
Sebagai ilmu
pengetahuan sejarah mengungkap peristiwa-peristiwa masa silam,baik peristiwa
sosial,politik,ekonomi,budaya,maupun agama,bahakan budaya bangsa,budaya
negara,dan budaya dunia.
Sedangkan ilmu
pendidikan islam yang bercorak historis adalah ilmu islam yang memfokuskan
kajiannya pada data-data empiris yang dapat di lacak dalam sejarah,baik berupa
karya tulis,peninggalan berupa lembaga pendidikan maupun pendidikan dengan
berbagai aspeknya. Melalui sejarah,semua orang akan di ajak menyaksikan maju
mundurnya pendidikan islam sepanjang sejarah untuk kemudian
direnungkan,dianalisis kemudian diambil hikmahnya umtuk di jadikan bahan perbandingan dan masukan untuk
membangun kemajuan pendidikan islam di masa sekarang. Artinya semua orang harus
melihat masa lalu demi kemajaun masa depan.[2]
B.
Sejarah
Pendidikan Islam
sejarah adalah imu.
Ilmu tentang manusia,tentang waktu, tentang sesuatu yang mempunyai makna
sosial, dan tentang sesuatu yang tertentu(kuntowijoyo, 1995 : 12-17).sebagai
ilmu tentang manusia,sejarah menelaah peristiwa yang berkaitan dengan manusia
sejauh dapat di telaah sejarah.sejarah menelaah masyarakat dari segi waktu,
yakni tentang perkembangan.kesinambungan,pergulangan,dan perubahan. Sejarah
hanya menelaah peristiwa-peristiwa yang memiliki makna atau yang berimplikasi
terhadap kehidupan sosial. Sejarah mengkaji peristiwa secara jelas tentang
kapan dan dimana.[3]
1) Pendidikan Islam pada masa
rosullullah
Dalam
pendidikan islam,rosullullah adalah pendidik pertama dan utama dalam dunia
pendidikan Islam, proses transformasi ilmu pengetahuan,internalisasi
nilai-nilai spiritualisme dan bimbingan emosional yang dilakukannya dapat
dikatakan sebagai mukjizat yang luar biasa,yang manusia dimanapun tidak akan
dapat melakukan hal yang sama. Hasil pendidikan pada masa rosullullah dapat
dilihat dari kemampuan para murid-muridnya yang luar biasa. Misalnya umar ibn
khatab, abu hurairah, salman alfarisi, dan ali bin abi thalib.
2)
Pendidikan
Islam pada masa khulafaur rasyidin
Pendidikan
pada masa abu bakar tidak jauh berbeda dari pada pendidikan pada masa
rosulullah,namun pada masa khalifah umar bin khatab pendidikan sudah meningkat
drastis,dimana para guru-guru sudah di gaji,dan di sebar ke daerah-daerah yang
baru di taklukan.pada masa usman bin affan pendidikan diserahkan pada rakyat
dan sahabat tidak ahanya terfokus pada madinah saja,tapi sudah di bplehkan ke
daerah-daerah untuk mengajar. Pada masa ali,pendidikan kurang mendapat
perhatian karena pada masa ali negara selalu dilanda konflik.
3)
Pendidikan
Islam pada masa dinasti umayah
Pendidikan
paada masa ini merupakan masa inkubasi,pada masa ini peletakan dasar-dasar
kemajuan pendidikan mulai dimunculkan,intelektual muslim berkembang pada masa
ini. Selain itu,pola yang di pakai adalah sistem kuttab yang terpusat pada
masjid,istana,serta rumah guru.
4)
Pendidikan
Islam pada masa abbasiyah
Pendidikan
terpusat di kota baghdad sebagai ibu kota,kebasan berfikir sebagai HAM diakui
penuh, dan para menteri turunan persia di beri hak penuh dalam menjalankan
pemerintahan.
C.
Objek
dan Materi Pembelajaran
Pendidikan tidak akan
ada artinya apabila manusia tidak ada di dalamnya. Hal ini disebabkan karena
manusia merupakan objek dan subyek pendidikan, artinya manusia tidak akan
berkembang dan mengembangkan budayanaya secara sempurna apabila tidak ada
pendidikan. [4]
Selain itu,Sejarah biasanya di kaji dan di
tulis dari sudut pandang atau kejadian tentang peradaban suatu bangsa,maka objek
sejarah pendidikan islam mencakup fakta-fakta yang berhubungan dengan
pertumbuhan dan perkembangan pendidikan islam baik formal maupun non
formal,dengan demikian akan di peroleh apa yang di sebut “ sejarah serba obyek”[5].
D. Tujuan mempelajari
sejarah pendidikan islam
Para pemimpin
umat Islam semenjak pemerintahan RasulllullahSAW hingga periode berikutnya banyak meninggalkan warisan luhur dan
bernilai bagi generasi berikutnya. Warisan yang mereka tinggalkan merupakan
karya besar yang telah mereka buktikan dalam pengabdiannya pada agama dan
umat manusia. Karya besar mereka terdapat dalam berbagai bidang, antara lain
dalam bidang ilmu-ilmu agama, ilmu pengetahuan dan teknologi, seni, arsitektur bangunan, seni dan strategi perang, bidang
sosial dan budaya, sampai kepada watak dan kebiasaan mereka yang baik dan perlu
untuk diteladani. Diantara tujuan mempelajari sejarah pendidikan Islam adalah
untuk mendapatkan informasi dan pemahaman mengenai asal-usul khazanah
budayadan kekayaan dibidang lainnya yang penah dihasilkan oleh umat Islam
dimasalampau dan mengambil ibrah (pelajaran) dari kegiatan tersebut.
E. manfaat
mempelajari sejarah pendidikan islam
Adapun diantara manfaat yang dapat dirasakan ketika kita mempelajari sejarah pendidikan Islam adalah:
1.
Merasa bangga dan mencintai metode pendidikan Islam yang merupakan buah karya kaum Muslimin masa
lalu.
2.
berpartisipasi memelihara peninggalan-peninggalan masa lalu dengan cara
mempelajari, menelaah, meneliti, Dan mengambil manfaat dari peninggalan-peninggalan tersebut.
3.
Meneladani perilaku yang baik dari tokoh-tokoh
terdahulu.
4.
Mengambil pelajaran dari
pelbagai keberhasilan dan kegagalan masa lalu.
5.
memupuk semangat dan motivasi
untuk meningkatkan prestasi yang telahdiraih umat terdahulu.
[1]
Zuhairini dkk, sejarah pendidikan islam, direktorat jendral pembinaan
kelembagaan agama islam,1986.hlm1
[2]
Abudin nata,sejarah pendidikan islam pada
periode klasik dan periode perkembangan. Raja Grafindo Persada, 2004.hlm 3
[3]Khozin,
jejak-jejak pendidiakan islam di
indonesia,universitas muhammadiyah malang,malang,2003,hlm.1
[4]
Samsul nizar, sejarah pendidikan Islam, Kencana
prenada media group,jakarta,2008,hlm 1
[5]
Zuhairini dkk, sejarah pendidikan islam, direktorat jendral pembinaan kelembagaan
agama islam,1986.hlm2
Makasih ya infonya dapat menambah pengetahuan kita semuanya
BalasHapusManfaat daun alami
pendek x kok
BalasHapus